Senin, 08 Juni 2009

Panduan Perjalanan Macau-Hongkong (Day 1)

JAKARTA-MACAU

Perjalanan dimulai dari Jakarta-Macau, ada beberapa pilihan untuk ke Macau :
1. Naik Viva Macau (Langsung dari Jakarta)
2. Naik Air Asia (transit dulu dari KL atau Bangkok dan harus perhatikan jam keberangkatannya)
3. Tiger airways (transit di Singapore)

Tapi saya prefer naik viva macau, karena alasan efisiensi waktu. Tiba di Macau Airport, kita akan disambut oleh imigrasi, setelah imigrasi keluar ke kanan lalu ikutin petunjuk dan karena adanya merebak pedemi Virus Swine, maka sebelum keluar kita akan melewati pos pengecekan kesehatan oleh petugas kesehatan. Setelah melewati pos pengecekan tersebut maka kita akan melihat papan petunjuk untuk Bus dan Taxi, kita tinggal ikutin saja papan petunjuk tersebut lalu keluar pintu dan sampai di luar airport macau.

Kemudian untuk menyebrang ke Hongkong-Kowloon kita harus menyebrang menggunakan Ferry di Macau Ferry Terminal, untuk kesana kita bisa menggunakan beberapa alat transportasi yaitu Minibus nomor AP1 dan Taxi,


Karena untuk mengejar waktu, maka saya menggunakan Taxi dimana biaya yang ditagih adalah MOP 60, walaupun yang tercatat di argo adalah MOP53 (1 MOP= 1 HKD, sebenarnya mata uang MOP sama dengan HKD), alasan supirnya ada pengenaan biaya utk bagasi (jadi kisaran harga taxi adalah HKD 50-60), tetapi setelah saya bandingkan menggunakan minibus nomor AP1, ternyata waktu tempuh menggunakan Taxi dan bus tidak terlalu beda (lama perjalanan kira-kira 30 menit, bila naik taksi sekitar 20 menit), jadi kalo saran saya, lebih baik menggunakan Bus AP1 utk ke Macau Ferry Terminal dengan tarif HKD 6/orang (dan tidak ada sistem kembalian untuk penggunaan bus ini karena mereka tidak ada kondukter, jadi usahakan menggunakan uang pas, mungkin caranya adalah dengan membeli makanan di counter airport dan meminta mereka untuk menukarkan uang kertas kita dengan recehan).

Bila kita naik bus AP1 kita akan diturunkan di Bus stop depan ferry terminal, untuk keberangkatan kita masuk ke dalam terminal lalu naik ke lantai 2 untuk bagian keberangkatan (departures). bila kita naik taxi, maka kita akan langsung diturunkan di pintu lantai 2 keberangkatan.



Kemudian cari loket2 yang ada tulisan perusahaan pelayarannya, untuk penyebrangan ke Hongkong ada 2 perusahaan pelayaran kapal cepat yaitu :
1. First Ferry
2. Turbojet ferry

Kedua ferry tersebut berbeda sesuai dengan tujuan daerah di hongkong, bila mau ke kowloon sekitarnya maka sebaiknya menggunakan First ferry, sedangkan bila tujuannya adalah Central, bisa menggunakan Turbojet, kedua perusahaan tersebut mempunyai tarif yang sama, dan harus diingat untuk malam hari tarifnya berbeda dengan siang hari, kalo memang ingin murah, biasanya di depan loket tersebut ada "semacam calo" yang menawarkan tiket ferry dengan harga lebih murah, kalo harga resmi HKD 175, kita bisa membeli dengan harga HKD 150 (mereka bisa mendapatkan harga murah karena mereka sudah mengantri dari sore sehingga masih mendapatkan harga siang hari yang lebih murah,tetapi saya tidak menganjurkan untuk membeli dari calo karena kita tidak punya kemampuan tiket yang asli atau palsu :-)). kemudian setelah membeli tiket, kita masuk ke pintu imigrasi di sebelah kanan loket, dan pintunya pun disesuaikan dengan perusahaan tiket yang kita beli, setelah masuk ke dalam pintu tersebut maka kita ketemu imigrasi dan dicap passport kita, lalu berdasarkan tiket yang kita beli, kita lihat no gate kapal kita, lalu kita masuk dan tunggu di ruang tunggu, setelah akan berangkat lalu kita turun ke bawah untuk menuju ke kapal.

MACAU-HONGKONG

Tiba di Hong Kong

Karena saya menggunakan First Ferry tujuan Kowloon, saya tiba di China (HK) Ferry Terminal di daerah Kowloon. Sedangkan jika Anda naik TurboJet jurusan Central, akan tiba di Hong Kong Macau Ferry Terminal di daerah Sheung Wan (Central).

Untuk ke Imigrasi kita harus naik ke lantai 2 (bagian arrival) dengan menggunakan lift atau eskalator. Setelah melewati imigrasi yang tidak banyak tanya, begitu keluar terminal kita langsung disambut dengan shopping mall. Yah, jangan bingung karena Hongkong adalah surganya belanja. lalu belok kiri menuju eskalator atau lift sampai ke lantai dasar (basement) untuk naik taxi, bus atau jalan kaki tergantung jarak hotel yang kita pilih, kebetulan kita pilih guest house di daerah nathan road dekat dengan MTR jordan. Karena baru pertama kali saya ke Hongkong, saya pilih taxi


Untuk menuju stasiun kereta MTR terdekat, begitu keluar dari gedung Anda harus jalan arah ke kanan, lewati 2 lampu merah dan belok kiri. Anda akan menemukan Kowloon Park di sebelah kiri, jalan terus hingga menemukan Nathan Road. Di sini Anda bisa turun ke stasiun MTR Tsim Tsa Tsui, atau naik bus ke jurusan lain.

Kalau saya, hotel saya tidak jauh dari MTR TST ini, jadi langsung mencari alamat hotel.

Transportasi di Hong Kong

Moda transportasi di Hong Kong berupa subway yang dinamakan MTR, bus, ferry, serta tram (hanya di HK Island).

Untuk transportasi Anda tidak perlu bingung atau pusing, jalur MTR mengcover hampir seluruh wilayah Hong Kong, termasuk jalur khusus ke Airport, bahkan bisa sampai Shenzhen.

Mungkin Anda akan sedikit terbalik-balik menyebut MTR dan MRT, di HK perusahaan yang mengelola adalah MTR Corporation, makanya disebut MTR. Sedangkan MRT adalah nama umum kereta mass-rapid di seluruh dunia.

Modal utama Anda adalah kartu contactless yang dinamakan Octopus Card, bentuk dan fungsinya sama seperti Oyster Card di London atau ez-Link card di Singapore. Anda bisa beli di semua stasiun MTR, misalkan initialnya HKD 200, ini udah lumayan banyak. Jika nanti mau pulang tinggal minta refund. Hebatnya Octopus ini selain bisa dipakai untuk naik MTR, bisa juga untuk naik Bus, Tram, Ferry, serta sebagai alat pembayaran di toko-toko, persis seperti Flazz card BCA.

Jalur MTR di HK ada 6 line, walaupun tidak serumit Paris atau London, Anda bisa melihat dan merencanakan perjalanan peta jalur MTR di website MTR. Jalur yang paling sering dipakai adalah Red line, ini yang melewati Mongkong, TST, Kowloon, dan menyeberang tunnel bawah laut ke Central. Jalur MTR juga bisa membawa Anda hingga ke Airport dan Hong Kong Disneyland.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar