Minggu, 14 Juni 2009

• 7 Wisdom Path
  • Disneyland Hongkong

NGONG PING VILLAGE-GIANT TIAN TAN BUDHA STATUE-WISDOM PATH

Hari kedua kita akan mengunjungi daerah wisata di sekitar Lantau Island, tujuan yang pertama kita kunjungi adalah Ngong ping Village, Giant Tian Tan Budha, dan 7 Wisdom Path. Dimana 3 daerah wisata tersebut terletak dalam 1 area dan untuk mencapainya kita harus menggunakan cable car terpanjang dan terseram melintasi lautan dan bukit tinggi (cable car di Genting Malaysia masih kurang ‘berasa’ dibanding ini).

Dari hotel saya

Pertama, kita naik MTR menuju Tung Chung (line Orange). Ikuti papan petunjuk ‘Ngong Ping Cable Car‘ karena kita masih harus keluar stasiun dan jalan sekitar 200-300 meter.

Tiba di stasiun cable-car, kita harus membeli tiket pulang pergi. Yang kita beli cukup tiket Ngong Ping 360 cable car seharga HKD 96 (anak HKD 48) tidak perlu beli tiket Journey of Enlightenment Package (dimana di dalamnya selain tiket pulang pergi Round Trip Ngong Ping Cable Car journey , juga terdapat semacam Diorama Walking with Buddha and Monkey's Tale Theatre attractions). Selain itu utk cabin dibagi menjadi dua:
1.Standard Cabin ini adalah cable car standar yang bisa menampung 6 orang dan harganya lebih murah daripada Crystal cabin.
2.Crystal Cabin dimana harganya lebih mahal, menurut saya itu tidak perlu karena lebih menyeramkan sebab seluruh bagian cable car tersebut terbuat dari kaca sampai bagian lantai.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di website ini http://www.np360.com.hk/html/eng/front/index.asp

Selanjutya kita mengikuti antrian untuk naik cable-car ini. Jika di musim liburan antrian bisa panjang hingga 5-15 menit.

Perjalanan di dalam cabin sekitar 25 menit dan dapat diisi hingga 6 orang. Bagi yang takut ketinggian, sebaiknya duduk manis saja sambil baca buku karena pemandangan cukup membuat jantung berdetak keras: melintasi lautan, bukit, dan juga Anda bisa melihat Hong Kong International Airport dari ketinggian. Di akhir perjalanan tibalah kita di Ngong Ping Village -tidak ada yang istimewa di sini- dan melanjutkan dengan jalan kaki menuju Tian Tan Budha Statue.

Patung Budha ini adalah patung Budha duduk terbesar di dunia yang terbuat dari perunggu. Untuk menuju ke dudukan Budha kita masih harus naik tangga sekitar 268 step. Jangan kaget jika Anda lihat nenek-nenek tua masih kuat naik tangga ini, niat mengalahkan segalanya, jadi Anda jangan sampai kalah.

Di atas kita dapat menikmati pemandangan sekitar pulau Lantau ini. Selain itu jika ingin mengetahui sejarah dibuatnya patung ini, cukup masuk ke dalam ruangan persis di bawah dudukan Sang Budha.

Saran saya sebelum kita naik ke dalam patung Budha ini, lebih baik kita membeli tiket snack dan minum seharga HKD 24, karena kita akan mendapatkan snack berupa 2 buah aneka macam kue, kembang tahu, bihun goreng dan minuman di dalam Po Lin Monastery ( o iya semua makanannya terbuat dari vegetarian tapi rasanya tetap lezat) dan juga bisa masuk ke tingkat atas di dalam patung budha tersebut, dimana untuk pengunjung yang tidak membeli tiket itu tidak dapat naik ke atas.

Setelah dari patung Budha ini, kita turun ke bawah sampai ke pintu loket lalu menyebrang ke arah Po Lin Monestary yang merupakan sebuah tempat peristirahatan para biksu Budha sekaligus tempat makan bagi yang ingin makan siang. Dan di tempat ini kita bisa menukarkan tiket snack yang kita beli sebelumnya di loket patung budha itu.

Bagi yang belum puas, terdapat satu jalur yang dinamakan Wisdom Path. Ikuti saja papan petunjuk jalan dan ikuti jalan setapak sekitar 10 menit hingga Anda menemukan lokasinya. Wisdom Path adalah sebuah bukit yang dipasang batang-batang pohon yang telah ditulis ajaran-ajaran kebajikan dari kitab sutra. Bagi yang tidak bisa membaca tulisan Cina mungkin tidak akan mengerti dan percuma, jadi cukup ambil foto kalau perlu.

Waktu telah menunjukkan jam 12.30, jadi saatnya kami menuju ke Disneyland Hongkong. dari stasiun Ngong Phing kita berhenti sampai stasiun Sunny Bay.

Nah, di Tung Chung, sebelum masuk ke dalam stasiun MTR perhatikan terdapat sebuah gedung mall. Di sini ternyata adalah Factory Outlet yang menjual barang-barang bermerek dengan harga ’sedikit’ miring. Ada Giordano Outlet, Esprit Outlet, dan masih banyak lagi. Nggak murah-murah amat, jadi teliti dan bandingkan harga sebelum membeli.

Selain itu juga terdapat food court di dalam mall ini yang menjual banyak makanan lezat, jadi Cukup pilih / tunjuk makanan yang Anda inginkan lalu bayar. Slurpp.

DISNEYLAND-HONGKONG

Sampai di Sunny Bay kita harus ganti kereta khusus jurusan Disneyland. Keretanya akan sangat mudah dikenal karena dari desain jendela hingga interior kursi dan pegangan tangan semua berupa ciri khas Disney yaitu kepala Mickey.

Tiba di stasiun Disneyland Resort yang di-design apik, kita cukup ikuti keramaian yang ada menuju ke pintu gerbang Disneyland. Tiba di loket penjualan, Anda perlu beli tiket masuk seharga HKD 350 untuk dewasa dan HKD 250 untuk anak-anak (harga ini berlaku untuk weekdays maupun weekend), tetapi di Guest house tempat saya menginap, dijual tiket disney seharga HKD 330, dan anak2 HKD 230. Jadi bila ingin murah sebaiknya tanyakan di tempat anda menginap apakah dijual tiket disney dengan harga miring.

Untuk melewati pintu masuk pemeriksaan karcis, selain memeriksa karcis petugas juga akan meminta anda mengeluarkan isi tas. Bukan untuk mencari bom, tetapi mencari makanan. Yah, demi kebersihan di dalam Disneyland dan semua wahananya pengunjung dilarang membawa makanan (kue, mie, dkk). Selain itu hal ini untuk ‘memaksa’ pengunjung makan siang dan malam di restoran dalam Disneyland (yang tentu saja cukup mahal).

Begitu masuk pintu utama jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto bersama Mickey Minie, Donald Duck, dan Winnie the Pooh.

Secara teori, kita tidak mungkin habis menjelajah dan menikmati seluruh wahana dalam satu hari. Pasti ada yang harus dilewatkan atau di-skip. Jadi sebaiknya tentukan dulu atraksi apa saja yang ingin Anda ikuti.

Untuk anak-anak, wahana yang disarankan: wahana It’s a small word (kayak istana boneka), Astro Blaster (tembak-tembakan dari kursi), Golden Mickey, dan Lion king. Perhatikan jam tayang The Golden Mickey (show tarian sambil bernyanyi) karena antrian biasa cukup lama.

Untuk dewasa juga terdapat beberapa wahana seru yang saya recommend seperti Galaxy (roller coaster di dalam kegelapan), serta roller coster ala Indiana Jones.

Dan setiap sore jam tertentu selalu ada parade mobil dan tokoh Disney yang melewati jalan utama di dalam taman. Lalu malam hari (biasa jam 8pm) ada firework ala Disneyland di depan castle, so don’t miss the show karena ini adalah acara yang ditunggu-tunggu semua orang. Tips: 30 menit sebelum acara sebaiknya Anda mencari spot terbaik untuk menonton pertunjukan kembang api itu. Siapkan tripod dan baterai cukup supaya dapat shooting dan mengambil gambar yang tajam dari kamera.

Berakhirnya kembang api berarti taman ini sudah tutup. Tidak ada lagi wahana yang bisa Anda masuk selain jalan pulang. Tapi bagi yang masih belum puas masih bisa masuk ke toko-toko souvernir untuk membeli oleh-oleh khas Disney (yah pasti mahal yah).

Karena semua orang pulang di jam yang sama, Anda mungkin perlu antri untuk naik ke dalam kereta MTR lagi. Tetapi begitu sampai Sunny Bay, pengunjung Disneyland akan bercampur dengan penduduk lokal di dalam kereta tapi mestinya tidak terlalu padat karena kita berada di arus masuk ke kota (kebalikan dengan orang yang pulang kerja).