Senin, 15 Juni 2009

* Avenue of the Star and Symphony of the light
* Mongkok-Ladies Market
* Temple Street

Hari ke 3 benar-benar padat dan kebanyakan daerah wisata kita berada di hongkong island. Tujuan pertama adalah ke causeway bay, dari depan guest house kita naik MRT dari stasiun jordan lalu turun di stasiun Admirality, lalu dari depan stasiun MRT admirality tepatnya seberang Pacific place,kita keluar lalu turun sampai ketemu stasiun Tram dimana merupakan transportasi tertua di Hongkong Island. Nah dari sini kita coba naik tram, ternyata pintu masuknya dari belakang bukan dari depan, seperti biasa kita naik bus, lalu biayanyapun HKD 2 (jauh/dekat), yang perlu diperhatikan adalah sebelum kita naik trem, ada berapa pemberhentian stasiun yang harus kita lewatin karena menurut pengamatan saya utk setiap stasiun trem tidak tertulis dengan jelas namanya, tetapi bila tujuan kita adalah Causeway Bay, tidak perlu khawatir, patokan kita adalah stasiun trem dimana sebelah kiri terdapat SOGO Mall dan ada pertigaan, berarti kita sudah tiba di stasiun trem Causeway Bay.

Lalu turun dari stasiun tersebut dan kita sudah sampai di Causeway Bay, bila kita ingin ke Times Square, kita tinggal menyebrang lalu jalan lurus sampai ketemu times square, atau mau ke victoria park, dari stasiun trem tersebut hadap kiri dan jalan lurus sampai ketemu sebuah taman, dimana banyak saudara-saudara kita yang menjadi TKI berkumpul disana.Tapi untuk belanja kita kurang prefer disini, karena selain merek2 branded harganya pun tidak terlalu murah (karena belum musim big sale)
Mall besar juga ada beberapa di Hong Kong walaupun penduduk setempat tidak begitu suka belanja di tempat seperti ini. Yah, bisa jadi yang belanja di mall malah turis dan orang kaya. Beberapa mall utama:

* Harbour City, letaknya persis di samping ferry terminal Tsim Tsa Tsui.
* Pacific Place, menjual barang-barang mewah termasuk butik ternama (MTR: Admiralty).
* IFC Mall, terletak persis di atas stasiun Central. Mall ini cukup besar dan ramai.
* Times Square, di atas stasiun MTR mall ini punya lantai hingga belasan! (MTR: Causeway Bay)
* CityGate Outlet, baca article mengenai Ngong Ping. Mall ini berisi barang bermerek dengan harga ‘outlet’. (MTR: Tung Chung).

Tempat belanja di Hong Kong umumnya buka dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam, dan sebagian besar masih buka hingga jam 11 malam. Semakin malam justru semakin ramai, jadi jangan takut dengan masalah keamanan.

Beberapa tempat juga disulap menjadi ’street market’:

* Ladies Market, terlepas dari namanya sebenarnya menjual barang apa saja mulai dari souvernir hingga kaos bertema Hong Kong. Lokasinya di MTR Mong Kok. Buka dan ramainya baru mulai sore.
* Stanley Market, lokasinya harus dicapai dengan tram dari Causeway bay. Menjual ‘apa aja’.
* Temple Street, buka peta daerah Kowloon untuk mencari jalan ini. Menjual barang-barang murah termasuk tas.

Setelah puas kita jalan-jalan di daerah Causeway bay dan wanchai, lalu kita naik MTR ke Central stasiun.

THE PEAK

Dari stasiun central kita keluar dari pintu J2, lalu kita sampai di depan taman kemudian menyebrang dan tunggu bis nomor 15C yang akan membawa kita tepat ke depan terminus the peak, setelah naik kita bisa naik ke lantai 2 dan melihat pemandangan gedung-gedung di central secara bebas. Untuk pemberhentian di terminus the peak tidak usah khawatir kelewatan karena pemberhentian terakhir bus ini adalah di terminus itu, bila kita masih asyik di atas, pasti supirnya akan suruh kita turun. lalu masuk ke dalam dan bayar tiket utk naik trem keatas,

Peak Tram adalah tram khusus yang jalan di jalur menanjak hingga 50 derajat kemiringan. Jalur tram ini sudah dipakai sejak 1888 dan masih awet dan bagus. Harga tiket pulang pergi adalah HKD 33 per orang, jika Anda sekalian ingin masuk ke dalam Madame Tussauds wax museum, terdapat paket combo tram + museum (HKD 170) yang lebih murah. Ada juga paket combo tram + sky terrace, yang menurut saya tidak terlalu mantap, jadi ignore saja paket sky terrace ini karena kita bisa melihat pemandangan hongkong dari luar mall the peak.

Jika biasa di dalam kereta umumnya kita dapat duduk hadap-hadapan, peak tram tidak memungkinkan karena bakal terjungkal. Semua harus duduk menghadap ke atas. Tram ini posisi stasionernya pun sudah miring, sehingga untuk mencari tempat duduk kita perlu berjuang ekstra keras.

Perjalanan dengan tram ini cukup mendebarkan, dengan tenaga mesin yang kuat mengangkut puluhan penumpang menanjak dengan kecepatan hingga 40km/j. Perjalanan memakan waktu sekitar 10 menit untuk mencapai Victoria Peak. Stasiun di tebing ini telah disulap menjadi ‘tempat resmi’ melihat Hong Kong dari atas. Tempat ini berbentuk mirip cawan, terdapat puluhan toko menjual cinderamata dan restoran juga.

Pemandangan dari tempat setinggi ini memang sangat indah, terlebih jika hari menjelang malam. Lampu gedung yang berpendar terang membuat Hong Kong pantas mendapat julukan Mutiara dari Timur.

Museum lilin Madame Tussauds juga terletak di dalam bangunan berbentuk cawan, di mana Anda bisa berfoto dengan ratusan tokoh dunia, terlebih selebritis Hong Kong. Koleksi patung lilin seperti Jay Chou, Andy Lau, Lesley Cheung, hingga Twins dan Cecillia Cheung adalah pajangan exclusive di sini. Tokoh dunia lain bisa dibilang sama seperti pajangan Madame Tussauds di London.

Jika hari telah gelap, jangan lupa pulang yah :)